Kamera, salah satu bagian yang biasanya terdapat di dalam sebuah Drone ini menjadi salah satu hal yang paling banyak dipertimbangkan ketika seseorang akan membeli sebuah drone. Kamera pada sebuah drone terdiri dari berbagai jenis ukuran, megapixels dan berbagai parameter lainnya yang bias anda pertimbangkan ketika akan memilih sebuah drone. Pada kesempatan kali ini tim redaksi Bogor Sky Official Blog akan memaparkan lebih detail mengenai bagaimana caranya memilih kamera beserta atribut yang dimilikinya.

Kualitas Kamera

Ketika anda akan memilih kamera drone, kualitas kamera merupakan hal pertama yang bisa anda jadikan sebagai parameter utama. Banyak sekali produsen drone saat ini yang menawarkan kamera yang bisa merekam video hingga resolusi 4K bahkan 5K. Ini merupakan sesuatu yang bisa dibilang istimewa pada sebuah drone. Selain resolusi 4K biasanya kamera tersebut juga menawarkan 10 hingga 12 megapixels untuk pengambilan still photos. Kedua fitur ini ( 4K Video Resolution & 12 Megapixels Still Photos) bisa dikatakan menjadi pokok pada sebuah drone saat ini, hanya saja memang beberapa drone dengan kualitas kamera seperti diatas memang dibandrol dengan harga yang lumayan tinggi katakana saja Dji Phantom 4 atau Inspire 2. Untuk budget yang lebih rendah, ada berbagai pilihan drone dengan kamera yang memiliki fitur pengambilan video dengan resolusi dibawahnya seperti 1920 x 1080, 1280 x 720 dan sejenisnya. Dengan resolusi 1920 x 1080 pun sudah sangat mumpuni untuk pengambilan video untuk berbagai jenis kebutuhan anda.
Selain kamera build-in, ada beberapa orang yang juga senang menggunakan kamera yang dibeli secara terpisah seperti Go Pro dan berbagai action camera lainnya.

Camera Adusment

Fitur ini merupakan salah satu fitur plus yang sangat baik jika sebuah drone bisa melakukan adjustment (penyesuaian) camera ketika drone sedang terbang. Fitur ini akan memberikan anda banyak sekali keuntungan karena anda dengan penyesuaian kamera ini anda bisa mengambil berbagai angle ketika anda terbang serta melakukan camera adjustment seperti ISO dan lain sebagainya.
Carilah drone dengan fitur yang bisa memungkinkan anda menyesuaikan angle serta parameter lainnya seperti exposure, focus, ISO dan lain sebagainya sehinga anda bisa melakukan penyesuaian kamera anda dengan sangat leluasa.
Waktu Terbang
Pada umumnya sebuah drone mampu terbang dengan range waktu antara 8 menit hingga 45 menit. Untuk drone sekelas entry level mungkin tidak terlalu bermasalah dengan flight time, karena biasanya drone sekelas ini hanya digunakan untuk sekedar hobby atau belajar menggunakan drone.
Tetapi untuk pilot professional, flight time merupakan variable penting yang harus menjadi pertimbangan sebelum anda memutuskan untuk membeli sebah drone. Dengan flight time yang lebih lama anda akan bisa menggunakan drone anda untuk mengambil gambar atau video dengan waktu yang lebih lama.
Carilah drone yang memiliki flight time setidaknya 18 menit, jika memang bisa lebih lama akan menjadi nilai plus yang jauh lebih baik.

Autonomous Flight Modes

Autonomous Flight Modes merupakan fitur yang sangat special yang bisa anda jadikan juga sebagai parameter ketika anda akan memutuskan untuk membeli sebuah drone. Fitur ini akan memberikan anda berbagai sudut pandang ketika anda mengambil video atau gambar tanpa melakukan control apa-apa pada radio control anda. Beberapa fitur tersebut biasanya adalah sebagai berikut :

  • Follow Me – Drone akan secara otomatis mengikuti dan mengcapture objek yang anda tentukan sebelumnya
  • Course Lock – Memungkinkan drone anda terbang mengikuti arah yang telah anda tentukan sebelumnya
  • Waypoints – Mensetting drone anda untuk terbang pada titik yang telah anda tentukan sebelumnya sehingga anda memiliki control yang lebih luas dengan kamera
  • Home Lock – Menentukan home point drone anda
  • Point of Interest – Menentukan satu titik untuk dikelilingi dan dicaputre oleh drone anda
  • Journey Mode – Drone terbang menjauh untuk mengambil gambar anda sendiri
  • Return Home – Dengan menekan satu tombol, drone anda akan kembali ketitik awal terbang

Dengan berbagai fitur diatas, menerbangkan serta mengambil gambar ataupun video dengan menggunakan drone akan jauh lebih mudah.

Control Distance

Control Distance merupakan jarak antara controller dengan drone anda. Ini merupakan variable yang cukup penting yang bisa anda pertimbangkan sebelum anda membawa pulang drone anda dari toko. Dengan control distance, memungkinkan anda mengetahui seberapa jauh anda terbang. Di Indonesia sendiri peraturan ketinggian terbang sebuah drone adalah sekitar 150 meter. Walau pun sebuah drone biasanya bisa terbang lebih tinggi hingga 1500 meter atau bahkan lebih.

Kemapuan FPV (First Person View)

Fitur FPV (First Person View) memungkinkan anda untuk melihat secara langsung tampilan yang tengah anda capture dengan drone anda secara real time. Dengan fitur ini anda bisa lebih leluasa untuk memantau titik yang sedang anda capture menggunakan drone anda.
Carilah drone yang memiliki kemampuan FPV yang baik untuk mempermudah anda melakukan filming menggunakan drone anda.

Obstacle Avoidance

Ini adalah fitur yang tidak harus dimiliki sebuah drone tetapi akan sangat membantu jika drone anda memiliki fitur ini. Dengan fitur ini, akan memungkinkan drone anda menghindari berbagai rintangan yang ada dihadapannya seperti pohon, dinding dan lain sebagainya secara otomatis. Fitur ini akan mengurangi potensi crash untuk drone anda.

Demikian beberapa variable yang bisa anda pertimbangkan ketika anda ingin membawa pulang sebuah drone dari sebuah toko. Pada intinya semua tergantung kebutuhan anda, akan digunakan untuk apa drone yang akan anda beli, untuk sekadar hobi atau professional kah ? itu semua tergantung anda. Semoga bermanfaat.