Tutorial Pemetaann Drone – Ketika anda membaca tulisan ini sekarang, mungkin di wilayah anda tinggal drone bukanlah lagi sesuatu yang fenomenal, layaknya handphone, mungkin saat ini drone sudah sangat familiar di beberapa daerah di Indonesia. Dengan semakin canggihnya media sosial maka semakin mudah pula untuk seseorang mengakses informasi mengenai teknologi seperti halnya drone,

Seiring dengan banyaknya orang yang menghabiskan quota internet mereka untuk menyaksikan tayangan video di youtube, semakin tinggi pula kesadaran masyarakat mengenai keberadaan drone dengan melihat Aerial Shoot pada video yang mereka saksikan baik itu melalui youtube, instagram, facebook atau bahkan status snap whatsapp di handphone mereka. Yah, dewasa ini memang semakin banyak pembuat konten video yang memanfaatkan drone dalam video yang mereka buat, sudah sangat amat lumrah bukan.

Pada tulisan ini, kami ingin sedikit berbagi informasi mengenai pemanfaatan teknologi UAV untuk pemetaan. Ya tentu saja, anda bisa memanfaatkan drone anda untuk melakukan pemetaan foto udara. Lalu drone seperti apa yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pemetaan foto udara.

Drone Untuk Pemetaan

Secara garis besar drone sebenarnya hanya terbagi menjadi dua jenis yakni jenis mulitotor dan Fixed Wings. Jenis multirotor lazimnya memiliki lebih dari satu motor, biasanya terdapat 4 motor, 6 motor,8 dan atau bahkan 10 motor. Untuk jenis fixed wings sendiri memiliki bentuk i layaknya pesawat komersil yang digunakan untuk membawa penumpang. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing semuanya akan tepat digunakan bila disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Fixed Wing UAV

Multirotor UAV

Kelebihan Menggunakan UAV

Terdapat beberapa kelebihan saat anda menggunakan drone atau UAV unutk melakukan pemetaan foto udara. Berikut adalah beberapa kelebihan

Cepat

Dengan memanfaatkan Drone atau UAV untuk melakukan pengambilan foto udara dalam pemetaan, maka pekerjaan bisa diselesaikan dengan lebih cepat bila dibandingkan dengan menggunakan media lain seperti citra satelit dan lain-lain. Selain lebih lama, ketika menggunakan media lain dalam melakukan pemetaan foto udara seperti menggunakan citra satelit, biaya yang harus dikeluarkan akan lebih mahal, yang mana hal ini akan membawa kita pada kelebihan pemetaan menggunakan teknologi drone atau uav yang kedua yakni

Ekonomis

Ketika anda menggunakan Drone atau UAV sebagai media untuk pengambilan foto udara, cost atau biaya yang akan anda keluarkan akan lebih rendah bila dibandingkan dengan metode lainnya. Ukuran drone atau UAV yang kecil menjadikan alat ini lebih mudah digunakan, tidak memerlukan banyak orang, ramah terhadap lingkungan namun tetap sangat powerful untuk memberikan anda foto udara yang detail karena terbang dengan rendah dan tentunya bebas awan yang membawa kita ke kelebihan selanjutnya yakni.

Bebas Awan

Karena ketinggian drone atau UAV saat terbang tidak terlalu tinggi, maka akan sangat kecil atau bahkan bisa dikatakan tidak ada kemungkinan potensi foto tertutup oleh awan. Karena tidak tertutup oleh awan, maka informasi dari foto yang didapatkan akan lebih bersih dan tentunya lebih detail sehingga bisa menghasilkan orthophoto dengan resolusi yang lebih tinggi, seperti kelebihan poin selanjutnya yakni.

Resolusi Tinggi

Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, drone atau UAV bisa menangkap gambar dengan resolusi tinggi, walaupun semuanya kembali lagi kepada kamera jenis apa yang anda gunakan, namun sekelas drone Pabrikan sebut saja DJI dengan metode yang tepat bisa menghasilkan orthophoto dengan GSD 4 cm. Apalagi drone atau UAV rakitan, yang notabene nya diciptakakan untuk melakukan hal yang tidak bisa dilakukan oleh drone pabrikan. Tentunya para perakit UAV untuk pemetaan akan memperhatikan betul tentang hal ini.

Pemantauan Berkala

Dengan segala kelebihan pada beberapa poin sebelumnya , makan dengan menggunakan Drone atau UAV akan sangat memungkinkan anda untuk melakukan pemantauan secara berkala terhadap suatu objek atau lahan yang anda inginkan. Dengan demikian tentunya analisa dan perencanaan anda kedepan terhadap objek atau lahan tersebut bisa lebih tepat.

Output

Dengan menggunakan foto udara, tentunya ada beberapa jenis output bisa anda dapatkan seperti

  1. Orthophoto
  2. Digital Surface Model
  3. Digital Terrain Model
  4. Kontur

yang dimana nantinya output diatas akan berisikan berbagai informasi yang dapat anda gunakan sebagai acuan untuk melakukan analisa dan perencanaan anda kedepan serta membantu anda dalam mengambil keputusan yang tepat.

Bila digunakan dengan baik, drone memiliki banyak sekali fungsi yang bisa kita manfaatkan selain untuk mengambil foto dan video dari udara.

Demikian artikel “Tutorial Pemetaan Drone – Pemanfaatan UAV Untuk Pemetaan” ini, semoga bermanfaat.