Client : Mas, mau sewa drone untuk keperluan ini dan itu buat minggu depan, berapa harga sewa drone nya mas ?
Pelaku Usaha : Boleh pak, berikut paket yang kami punya pak.
Client : Wah mahal sekali, terbangnya Cuma sebentar ko gitu gitu doang
Pelaku Usaha : …………………
Client : ………………..

Dan berlangsunglah percakapan antara si pengguna jasa dan pelaku usaha untuk menentukan titik terang sebuah timbal balik dari jasa menerbangkan drone. Begitu sih biasanya.

Salam hangat semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT dan senantiasa diberikan kelancaran dalam menjalankan aktifitas sehari-hari, Amiin.
Ketika bergerak di bidang jasa (apalagi jasa foto dan video) terkadang ada beberapa permasalahan yang biasanya ditemui ketika akan menentukan titik temu sebuah timbal balik dari pekerjaan yang kita lakukan, seperti halnya contoh percakapan diatas. Harga dari sebuah Jasa Foto dan Video udara biasanya dianggap ngga masuk akal oleh sebagian orang dan kadangkala sebagai pelaku usaha pun merasa tersinggung dengan permintaan harga oleh client.

Tidak ada yang bisa disalahkan dalam kondisi tersebut karena tidak semua klien juga paham dengan apa yang sebenarnya Pilot lakukan ketika menerbangkan sebuah drone, kadang kadang “maaf” sebagian orang masih menganggap kalau nerbangin drone cuma sekedar terbang terus ambil foto atau video setelah itu selesai, pada kenyataannya “It’s not that easy, right”, anda sebagai pilot atau pelaku usaha tersebut pasti tau sendiri kesulitannya.

Harga Sewa Drone

Ketika akan menyewa sebuah drone, biasanya ada dua hal yang akan diinginkan oleh klien

1. Menyewa drone dengan pilot

Dalam hal ini klien membutuhkan drone lengkap dengan Pilotnya untuk mengambil foto atau video dari udara yang mereka butuhkan. Dan ini yang biasanya banyak penyedia jasa sediakan, menyewakan drone lengkap dengan pilotnya. Seluruh resiko ditanggung oleh penyedia jasa (Bogor Sky sendiri seperti itu).

2. Menyewa drone nya aja

Klien biasanya memilliki orang atau bahkan dia sendiri bisa mengendalikan drone. Sebatas pengetahuan saya masih jarang ada penyedia jasa yang menyediakan dronenya saja untuk dilepas begitu saja bersama sang klien (kami sendiri tidak menyediakan). Biasanya kalaupun ada si klien harus menyimpan deposit sebagai jaminan ketika menyewa drone (pernyataan dari beberapa klien). Dan menurut saya merupakan hal yang wajar mengingat resiko yang bisa saja dialami oleh penyedia jasa.

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Sewa Drone

Kemudian faktor apa saja yang mempengaruhi harga sewa sebuah drone ? Sepengalaman kami menjalankan bisnis ini, ada beberapa faktor yang akan mempengaruhi harga sewa sebuah drone. Berikut adalah faktor yang mempengaruhi harga sewa drone menurut kami.

1. Legalitas Usaha

Sebagai pelaku usaha penyewaan drone, bentuknya apa ? Perorangan kah ? Atau sebuah jasa yang dipayungi legalitas hukum seperti CV atau bahkan PT. hal ini akan berpengaruh terhadap harga yang ditawarkan. Adakah kelebihannya jika dipayungi badan hukum ? Sekarang anggap saja seorang klien membutuhkan sewa drone dan ada dua tawaran (keduanya asing tanpa ada hubungan kerabat), Jasa A : Seorang pilot yang menyewakan dronenya dan Jasa B sebuah CV ataupun PT yang bergerak dibidang penyewaan drone. Manakah kiranya yang akan klien lebih percaya ? Faktor legalitas usaha biasa mendorong seorang klien untuk menggunakan jasa dari yang sudah berbadan hukum dengan alasan profesionalitas dan kepercayaan. Tapi ada beberapa faktor pula yang membuat Jasa A dipilih oleh klien dan faktor tersebut akan di bahas selanjutnya.

2. Wahana dan Perawatan

Wahana adalah Jenis Drone yang digunakan oleh penyedia jasa, biasa beragam jenisnya mengingat telah banyak sekali produsen drone dewasa ini. Tapi biasanya untuk sekelas foto dan video udara Dji sudah menjadi brand standar. Punya aplikasi Uber ? ada Uber Black ada pula Uber X, mana yang lebih mahal dan mengapa ? Uber black memiliki harga lebih tinggi dengan jarak tempuh yang sama bila dibandingkan dengan uber x, kenapa ? karena kendaraan yang digunakan berbeda walaupun sama sama mobil. Drone apa yang digunakan oleh pelaku usaha ? berapa nilai investasi penyedia jasa pada drone mereka tentunya akan sangat berpengaruh terhadap harga yang mereka tawarkan.

Pelaku usaha sewa drone, berkutat dengan barang-barang elektronik yang harganya tidak murah. Biasanya para pelaku usaha akan senantiasa melakukan perawatan terhadap gear mereka agar bisa tetap digunakan dan tentunya perawatan tidak semuanya gratis ada perawatan dari sekedar repair hingga upgrade agar tetap bisa memberikan yang terbaik untuk kliennya dan ini tidak gratis, pelaku usaha juga mengeluarkan rupiah mereka untuk melakukan maintenance.
Faktor ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa JASA A bisa dipilih oleh klien pada kasus sebelumnya.

3. Skill dan Jam Terbang Pilot

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, menerbangkan drone bukan hanya sekedar terbang dan kemudian foto-foto atau ambil video. Banyak sekali hal-hal yang harus dipertimbangkan ketika akan menerbangkan drone, faktor cuaca, kondisi medan ketika akan terbang, obstacle, interference dan lain sebagainya. Pilot yang sudah berpengalaman pastinya sudah faham betul harus terbang seperti apa atau bahkan tidak terbang sama sekali dengan kondisi tertentu.

Walau terkadang ketika melihat sebuah foto atau video udara bahkan yang diambil asal-asalan saja sudah terlihat sangat keren, karena memang sudut pengambilan gambar sudah berbeda dari kamera biasa. Tapi tidak hanya itu, pilot yang telah berpengalaman dan memiliki jiwa seni foto dan videography pasti mampu untuk mengambil foto dan video yang tidak hanya menarik tetapi mampu menyampaikan pesan yang ingin disampaikan melalui foto atau video tersebut.

Selain jiwa foto dan videografi, jam terbang seorang pilot pun akan berpengaruh pada penawaran harga sewa drone. Untuk internal kami sendiri, kami memiliki Drone Pilot Log Book untuk memantau seluruh aktifitas pilot kami ketika melakukan penerbangan. Baik itu untuk sekedar latihan ataupun di dalam sebuah project. Selain untuk menghitung jam terbang sang pilot, log book ini juga bermanfaat untuk memonitoring performa wahana yang kami gunakanan terutama di baterai. Ini bisa menjadi nilai jual lebih dan alasan JASA A pada kasus sebelumnya di pilih oleh klien.

4. Sertifikasi

Seorang pekerja dengan Ijazah Strata 1 lazimnya akan memiliki income yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan yang tamatan SMA atau sederajat. Hal ini terjadi karena adanya effort yang dikeluarkan oleh pekerja yang memiliki ijazah strata 1. Begitupun pilot drone, pilot yang memiliki sertifikasi dalam bidangnya tentunya memiliki niat dan effort yang lebih tinggi karena untuk mendapatkan sertifikasi sang pilot menginvestasikan waktu, tenaga serta biaya untuk menguasai hal yang tengah disertifikasikan.

Semisal salah seorang Pilot kami mengikuti UAV Aerial Mapping Training untuk menambah wawasan dan skill kami serta mengesahkannya dalam sebuah kertas. Ini bisa menjadi nilai jual lebih dan alasan JASA A pada kasus sebelumnya di pilih oleh klien.

5. Medan Terbang

Akan berbeda ketika pilot menerbangkan drone di lahan terbuka tanpa obstacle dan interference bila dibandingkan dengan terbang diarea perkotaan atau sebuah pabrik yang notabenenya lebih banyak obstacle dan interference. Hal ini juga menjadi salah satu faktor harga yang patut dipertimbangkan oleh pelaku usaha dan diapresiasi oleh pengguna jasa.

6. Perijinan

Drone bukan mainan, tidak bisa disemua tempat kami sebagai pelaku bisa menerbangkan drone semaunya. Ada beberapa tempat yang memang memerlukan izin untuk bisa menerbangkan drone seperti area pemerintahan, militer, istana negara, tempat wisata dan lain sebagainya. Mengurus perijinan tentunya juga akan menguras waktu, tenaga serta bahkan biaya.

Ini merupakan hal yang banyak ditinggakan oleh para pilot pemula, tanpa memilki izin mereka memberanikan diri untuk terbang semaunya diarea yang notebenenya dilarang untuk menerbangkan drone. Contoh hangat yang baru baru ini terjadi adalah sekelompok anak yang menerbangkan drone mereka di dalam mall dengan sengaja dan dalam keadaan sadar. Padahal pebuatan mereka sangat berbahaya untuk keselamatan pengunjung mall dan tentunya untuk para pelaku usaha sewa drone yang akan terkena imbasnya baik itu dari masyarakat maupun pemerintah.

7. Resiko

Ketika menerbangkan sebuah drone untuk memenuhi kebutuhan klien, para pelaku usaha tengah menganggung resiko besar yang bisa saja terjadi kapanpun ketika terbang. Ini memang sudah lazim ditanggung oleh para pelaku usaha, maka dari itu kami memiliki harga untuk itu semua yang sudah sepantasnya diapresiasi oleh para pengguna jasa.

Harga Sewa Drone di Bogor

Seperti yang sudah sangat panjang dijelaskan sebelumnya, banyak sekali faktor yang akan mempengaruhi penawaran harga sewa drone dari pelaku sewa drone. Biasanya para pelaku usaha memiliki paketnya sendiri-sendiri dengan berbagai pertimbangan diatas. Untuk harga sewa drone di area bogor, Bogor Sky memiliki paket yang bisa dilihat di Paket Harga Sewa Drone Bogor.

Harga tersebut adalah harga yang kami pasang untuk sekedar pengambilan foto dan video udara saja, untuk project yang lebih khusus kami memiliki tarif berbeda sesuai dengan kebutuhannya, semisal untuk film, pembuatan company profile, monitoring lahan dan lain sebagainya yang tentunya tidak bisa dipukul rata untuk harga.

Sekali lagi tiap-tiap pelaku usaha memasang tarif yang berbeda beda yang dipengaruhi faktor yang telah disebutkan sebelumnya.

Ko mahal ? di sebelah saya bisa sewa Cuma sekian rupiah per hari. Dengan segala resiko dan faktor yang telah dijelaskan sebelumnya, kami rasa rata-rata harga sewa drone untuk sekedar pengambilan foto dan video udara di Indonesia masih bisa dikatakan murah. Biasanya yang membanting harga adalah pilot yang belum berpengalaman yang tidak memperhitungkan faktor diatas yang telah disebutkan sebelumnya.

Kami dan para pelaku usaha sejenis dengan effort yang tinggi di bidang ini serta tingginya resiko yang kami tanggung memiliki harga dan sebagai klien anda memiliki pertimbangan untuk menggunakan jasa yang mana.

Perkembangan Pelaku Usaha Drone Di Indonesia

Di Indonesia sendiri sebenarnya belum ada regulasi khusus mengenai bisnis jasa ini, tetapi kami sesama pelaku bisnis yang sama membangun Serikat Drone Bisnis Indonesia yang menjadi wadah bagi kami untuk saling bertukar informasi, monitoring harga dan tentunya menjaga agar kualitas produk yang dihasilkan dari pesawat tanpa awak di Indonesia bisa terus terjaga dan berkembang.

Serikat Drone Bisnis Indonesia juga akan menggandeng pihak-pihak terkait baik itu dari government ataupun badan terkait untuk bersama mengembangkan bisnis di bidang pesawat tanpa awak ini agar bisa terus eksis dan tentunya tetap terjaga kualitasnya tanpa harus melanggar regulasi yang berlaku.

Sekali lagi, drone yang kami terbangkan bukan barang mainan yang bisa semaunya kita terbangkan dimana saja dan kapan saja, ada regulasi yang harus kami patuhi. Kami dan pelaku usaha drone lainnya terbang menggunakan kemampuan dan mengambil foto ataupun video menggunakan jiwa seni kami.

Untuk para pelaku usah sejenis, intinya tidak semua orang paham dengan apa yang kita lakukan, sudah menjadi kewajiban kita untuk bisa menjelaskan tentang segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan kita kepada klien agar ada titik temu yang saling menguntungkan.

Dan jika anda sebagai klien atau orang yang setidaknya berencana akan menggunakan jasa sewa drone baik itu di Bogor Sky ataupun penyedia jasa lainnya, kami berharap pengertian dan respect dari anda tentang apa yang kami kerjakan dan segala resiko yang kami tanggung.

Bogor Sky berkomitmen untuk senantiasa memberikan yang terbaik untuk seluruh klien kami dengan tetap mentaati regulasi penerbangan drone yang berlaku.

Semoga bermanfaat,

Ivank,
Profesional Bogor Sky Drone Pilot

Penulis bisa dihubungi melalui
SMS, Telpon dan What’s App : 0857 8133 3943